Rabu, 09 Desember 2015

Analisis E-COMMERCE (MatahariMall.com, OLX.co.id, Traveloka)

ANALISIS E-COMMERCE
(MatahariMall.com, OLX.com, dan Traveloka.com)



Disusun Oleh :
Elysa Hadi Andiyani                         (00000004645)
Fedro A. J. Tuknuru                        (00000004515)
Regina Utami P. B                            (00000004648)
Trikarti Rahayu                                (00000004568)



FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN – TEACHERS COLLEGE
UNIVERSITAS PELITA HARAPAN
2015


I
PENDAHULUAN
Internet yang berkembang secara cepat menyebabkan lahirnya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya, setiap pribadi memiliki hak yang sama untuk memberikan dan mendapatkan informasi tanpa batasan dan penghalang. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah terjadi di dunia maya, karenanya setiap komunitas digital dapat terhubung satu sama lain.Pada era globalisasi seperti ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat kompleks dan pesat dalam beberapa tahun terakhir yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada dunia bisnis. Perkembangan ini memunculkan istilah-istilah baru yang tidak asing lagi bagi kita, seperti e-business, e-commerce, e-learning, e-university, e-book, e-banking, dan istilah sejenis yang beredar. Dari beberapa konsep bisnis pemanfaatan teknologi yang berkembang, e-business menjadi sorotan bisnis yang tergolong masih baru dan akan terus berkembang secara luas seiring berjalannya waktu. E-commerce memiliki dampak yang sangat besar dalam dunia bisnis, terutama pada proses penyempurnaan marketing perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri. E-commerce seperti memiliki daya tarik yang kuat sehingga banyak pribadi atau organisasi tertarik untuk menjalankan bisnis ini. 
            Angka mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan memenuhi kebutuhan akan jasa dan barang secara cepat sesuai permintaan konsumen. Oleh karena itu, e-commerce hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. E-commerce menjadi penghubung antara penyedia jasa atau barang dengan konsumen. Melalui e-commerce, setiap pribadi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk berhasil dan bersaing dalam dunia bisnis di dunia maya. Pada kesempatan kali ini penyusun akan menelaah lebih dalam mengenai e-commerce.



II
E-COMMERCE

A.    Definisi E-commerce
Baum mengatakan bahwa “ E-commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik ( Baum dalam Purbo, 2001). Pendapat serupa mengenai e-commerce disampaikan oleh Fuady yang menyampaikan bahwa e-commerce merupakan suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik (Fuady, 2005).
            Menurut Sukarmi (2008), sebuah transaksi dapat dikatakan sebagai e-commerce jika memiliki komponen-komponen sebagai berikut :
a.       Ada kontrak dagang.
b.      Kontrak tersebut dijalankan pada media elektronik (digital).
c.       Kehadiran fisik dari penyedia barang atau jasa dan konsumen tidak diperlukan.
d.      Kontrak perjanjian jual-beli terjadi di ranah publik.
e.       Sistem pengoperasian transaksi terbuka, yaitu menggunakan internet atau world wide web biasa disingkat WWW.
f.       Kontrak itu terlepas dari batas, yuridiksi nasional.

B.     Jenis-jenis E-commerce
Dalam perjalanannya di dunia bisnis online, e-commerce dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
a)      Business to Business (B2B)
B2B adalah bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Dalam hal ini, baik  pembeli maupun penjual adalah sebuah perusahaan dan bukan perorangan.  Biasanya transaksi ini dilakukan karena mereka telah saling mengetahui satu sama lain dan transaksi jual beli tersebut dilakukan untuk menjalin kerjasama antara perusahaan itu.
Karakteristik e-commerce jenis B2B adalah sebagai berikut :
·         Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
·         Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entitas yang menggunakan standar yang sama.
·         Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
·         Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

b)      Business to Consumer (B2C)
B2C adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
Karakteristik e-commerce jenis B2C adalah sebagai berikut :
·         Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
·         Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
·         Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumen melakukan inisiatif dan penyedia jasa atau barang harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
·         Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumen) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (businessprocedure) diletakkan di sisi server.
c)      Consumer to Consumer(C2C)
C2C adalah jenis e-commerce dimana pelakunya adalah sama-sama pelanggan atau konsumen. Di sini pelanggan akan menjual barang atau jasa dari produsen tertentu kepada pelanggan lainnya. Bisa dikatakan di sini penjual adalah semacam perantara.
C.    Keuntungan dan kerugian E-commerce
Keuntungan e-commerce :
·         Aliran Pendapatan baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·         Dapat meningkatkan pangsa pasar.
·         Menurunkan biaya operasional (operating cost).
·         Melebarkan jangkauan (global reach).
·         Meningkatkan customer loyality.
·         Meningkatkan supplier manajement.

Kerugian e-commerce :
·         Kehilangan segi finansial secara langsung karena ada kecurangan.
·         Pencurian informasi rahasia yang berharga.
·         Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti listrik yang tiba-tiba padam.
·         Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
·         Kerugian yang tak terduga.
·         Hacking atau peretasan pada sebuah situs.




III
ANALISIS E-COMMERCE
Untuk dapat menelaah e-commerce lebih dalam, penyusunan akan menganalisa beberapa contoh pelaku e-commerce dalam dunia bisnis..
A.    MatahariMall.com
Tentang MatahariMall.com
MatahariMall.com merupakan e-commerce bentukan Lippo Group. Pada tanggal 25 Februari 2015 untuk pertama kalinya Lippo Group mengumumkan akan meluncurkan situs e-commerce ini hingga pada akhirnya MatahariMall.com resmi hadir di dunia bisnis yang berbasis internet pada tanggal 9 September 2015. Sejak kemunculannya di dunia e-commerce, MatahariMall.com digadang-gadang akan menjadi situs e-commerce terbesar dan nomor satu di Indonesia. Untuk pertama kalinya di Asia Tenggara, situs ini menerapkan sistem O2O, yaitu “Online-to-Offline” atau sebaliknya. Sistem ini memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.
MatahariMall.com menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Dilansir dari situs resminya, MatahariMall.com menuliskan komitmennya sebagai berikut “Kami percaya bahwa customer adalah sahabat kami. Oleh karena itu, pelayanan customer menjadi prioritas utama. MatahariMall.com akan melayani customer mulai dari pengalaman seru mengakses website kami, pembayaran, pengiriman, hingga customer service.”
[Sumber :https://www.mataharimall.com/static/1/about]
Cara Berbelanja di MatahariMall.com
1.              Login ke MatahariMall.com. Jika belum, daftarkan diri anda ke https://www.mataharimall.com/use/register dan lakukan verifikasi.

2.               Pilih produk favorit Anda. Pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan warna dan ukuran yang diinginkan lalu klik "Beli Aja"
3. Periksa kembali produk yang Anda pesan. Jika sudahs esuai, klik "Lanjutkan ke Pembayaran"
4. PilihMetodePengiriman. Produk dapat dikirim ke alamat Anda atau bisa diambil di ratusan lokasi di seluruh Indonesia (O2O).Isi Informasi Pengiriman dan Informasi Tagihan secara lengkap dan klik "Lanjutkan Pembayaran".
5. Periksa kembali pesanan Anda, pastikan Informasi Pengiriman, Informasi Tagihan, Jenis dan jumlah Produk, Total Belanja sudah sesuai. Masukan Kode Kupon/Voucher jika ada dan klik "Bayar Sekarang".
6. Pilih Opsi Pembayaran (Kartu Kredit atau Transfer Bank) dan isi data secara lengkap. Klik "Bayar Sekarang" untuk melanjutkan proses.
7. Apabila pembayaran melalui Transfer Bank, klik "Konfirmasi Bank" setelah Anda melakukan transfer.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MatahariMall.com
Kelebihan :
§  MatahariMall.com menyediakan situs yang terinci sehingga memudahkan konsumen ketika mengakses laman tersebut. Situs ini mencantumkan layanan pelanggan, seperti cara berbelanja,  info pembayaran, info pengiriman, info pengembalian, dan panduan ukuran.
§  MatahariMall.com menyediakan akun media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengikuti info terbaru dari MatahariMall.com itu sendiri.
§  Mengadopsi layanan O2O. Dengan menyediakan layanan O2O pelanggan tidak perlu khawatir akan terkena penipuan karena pelanggan dapat mengambil barang yang dibeli secara langsung maupun barang dapat diantar ke alamat pelanggan oleh kurir yang disediakan oleh MatahariMall.com
§  MatahariMall.com yang tergolong pendatang baru di dunia e-commerce, ia berani menawarkan banyak promosi seperti diskon hingga 99% yang sangat menguntungkan pelanggan.
§  Proses yang dilakukan oleh MatahariMall.com setelah pelanggan menyatakan setuju untuk membeli relative cepat, yaitu 3-4 hari kerja untuk wilayah JABODETABEK dan 4-7 hari kerja di luar area JABODETABEK.
§  Menyediakan layanan customer dan kurir yang ramah.
Kekurangan :
§  Dengan keberaniannya memberikan diskon hingga 99% membuat beberapa pelanggan menjadi kurang percaya akan promosi tersebut.
§  Walaupun tergolong baru, MatahariMall.com sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika pesanan membludag, MatahariMall.com sering kali kewalahan sehingga mengakibatkan keterlambatan pemrosesan barang pesanan.

B.     OLX.co.id

OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di 106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia, Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, Pakistan, Kazakhstan dan lainnya. OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media dan perusahaan digital Naspers.
Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Menurut pernyataan dari Naspers ketika berinvestasi di OLX, sebagai grup, Naspers akan mengakuisisi atau mendirikan sebuah komunitas internet di negara secara spesifik, sebelum mengembangkan operasinya dengan masuk ke layanan-layanan seperti e-commerce, komunikasi dan konten.
TENTANG OLX.CO.ID
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.


Sejak berdiri pada tahun 2005, OLX telah meraih berbagai penghargaan, antara lain “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne

Sejarah Singkat Tokobagus dan Alasan Mengganti Nama Menjadi OLX
Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerikayaitu amazon.Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya pindah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.
Tepatnya Selasa (20/5/2014), branding Tokobagus yang sudah begitu melekat akhirnya harus diganti dengan nama yang kurang “indonesia” yaitu OLX.Jadi ketika kita mengetik URL Tokobagus yang lama, muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa nama Tokobagus.comberubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat olx.co.id.“Perubahan ini hanya Nama, Logo dan Url. Sedangkan semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia masih tetap sama dan tidak berubah,” ujar Kepala Operasional OLX.co.id, Alif Priyono, dalam keterangan resminya. Aktivitas jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa.Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.
Kesimpulannya adalah alasan penggantian nama Tokobagus semata-mata untuk memperkuat branding OLX secara global.Ini juga memperjelas bahwa grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan baris yang dimilikinya di berbagai negara.Contohnya “Sulit”, situs iklan baris di Filipina milik grup Naspers, yang lebih dahulu mengumumkan perubahan identitasnya menjadi OLX pada maret lalu.

Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id
Kelebihan:
·         Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas
·         Tidak diharuskan untuk registrasi bila ingin memasang iklan.
·         Detail mengenai spesifikasi produk lengkap seperti merk, tipe, tahun maksimumdan minimum.
·         Menyediakan informasi mengenai lowongan kerja.

Kekurangan :
·         Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.
TIPS TRANSAKSI DI OLX INDONESIA
Terdapat lima tips transaksi yang aman di OLX Indonesia:
·           Gunakan Akal Sehat Anda
Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal tersebut memang tidak baik. Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan, maka lebih baik batalkan saja.
·           Memilih Penjual Terpercaya
Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified number) yang telah memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar dari penjual atau pemasang iklan yang tidak jelas.
·           Lakukan Riset Sederhana
Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu dapat dikatakan sebagai petanda yang baik. Selain itu, galilah informasi yang ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin. Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera digital, dll dengan harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut dicurigai. Jika lokasi atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu secara langsung dan usahakan membawa teman.
·           Cara Pembayaran
Berhati-hatilah pada nomor teleepon yang tidak jelas, terutama yang berkode area luar negri dan meminta cara pembayaran dengan Western Union, Moneygram, dan cek.
·           Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Jika masih merasa ragu dan kurang yakin, hubungi dan tanyakan pada tim support OLX .

C. TRAVELOKA
Traveloka adalah sebuah online travel agent yang website-nya beralamat di www.traveloka.com. Situs ini juga menjadi website pencarian dan pembelian tiket pesawat secara online yang paling besar di Indonesia.
SEJARAH TRAVELOKA
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs Traveloka.com.
Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN TRAVELOKA
1)      Melalui kecanggihan dunia internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua info yang ingin anda ketahui hanya dalam beberapa menit saja, hal ini termasuk dalam hal pemesanan tiket pesawat sesuai dengan maskapai yang anda inginkan. Namun dengan menggunakan layanan dari situs Traveloka ini, Anda akan mendapatkan bermacam-macam kemudahan seperti booking tiket yang mudah, cepat, tanpa harus datang kebandara hanya untuk memesan tiket dan banyaknya informasi yang bisa anda dapatkan mengenai fasilitas penerbangan anda, seperti infomasi bagasi yang akurat.
2)      Situs Traveloka juga terkenal sebagai situs pemesanan tiket yang paling murah dibandingkan dengan situs lainnya. Harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah dari yang tercantum di website resmi maskapai resmi.  Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat.
3)      Metode pembayaran juga dapat dilakukan dengan transfer, sehingga memudahkan konsumen untuk memesan dan melunasi pembayaran. Berikut merupakan metode  yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Traveloka:


a.       Transfer bank
b.       Kartu kredit
c.        Mandiri clickpay
d.       BCA klikpay
e.        ATM
f.        CIMB clicks
g.        Mandiri ecash
h.       Mandiri debit
i.         BNI debit



KEKURANGAN TRAVELOKA
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa Traveloka merupakan situs pembelian tiket pesawat dengan harga termurah maka banyak asumsi dikalangan masyarakat yang menyebut jasa tersebut sebagai penipuan.
TIPS BELI TIKET DI TRAVELOKA
  1. Daftarkan email kamu di newsletter Traveloka, dengan begitu kita bakal dikirimi informasi promo tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Biasanya pihak Traveloka akan mengirimkan email seminggu sekali di hari Kamis. Pendaftaran email ini gratis!
  2. Tiket pesawat dengan harga promo jumlahnya terbatas dan akan terjual dengan cepat. Jadi, jika tidak menemukan harga promo, artinya kursi promo sudah habis dan yang tertera adalah harga normal.







IV
KESIMPULAN DAN PERSPEKTIF KRISTEN
Kemajuan zaman ditunjukkan melalui kemajuan pada bidang teknologi. Kemjuan teknologi ini merambah kepada dunia perekonomian yang menyebabkan perusahaan dan orang-orang tertentu membuat suatu layanan untuk pelanggan-pelanggan tercintanya yaitu e-commerce. Dengan melihat contoh-contoh dari pelaku e-commerce pelanggan secara nyata dimanjakan oleh penjual sehingga transaksi barang menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Bahkan pelanggan hanya perlu mengakses dalam hitungan detik untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan mendapatkan diskon plus dari perusahaan pelaku e-commerce ini tanpa perlu datang ke tempat berjualan. Dari penjualan online ini juga penjual memperoleh banyak pelanggan dari seluruh Indonesia bahkan bila pelayanan yang mereka berikan memuaskan pelanggan, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan tersebut.
Melalui adanya teknologi manusia dengan mudah memenuhi kebutuhannya. Namun bukan berarti manusia dapat menggunakan segala kemudahan tersebut dengan tidak bertanggung jawab. Alkitab mengatakan “Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan (Amsal 1:5) Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan (Amsal 1:7). Begitu juga dengan menggunakan teknologi yang ada, Tuhan ingin agar kita mampu menggunakannya dengan tepat dan bijaksana sehingga melalui teknologi online yang diciptakan manusia dapat menjadi berkat pula untuk sesame kita. Ketika MatahariMall.com, OLX.com, dan Traveloka.com dibuat oleh penciptanya, maka mereka berharap agar situs-situs tersebut dapat berdampak dan memberkati banyak orang. Sehingga tugas kita semua sebagai pengguna adalah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin agar menjadi berkat bagi kita semua dan tidak menyalahgunakannya.




I.                   DAFTAR PUSTAKA
Baum, D. dalam Purbo, O. W. (2001). Mengenal e-commerce. Jakarta: PT. Elex Komputindo
Fuady, M. (2005). Pengantar hukum bisnis. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Sukarmi, (2008). Cyber law: kontrak elektronik dalam bayang-bayang pelaku usaha (cyberlaw indonesia). Bandung : TBO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar