ANALISIS
E-COMMERCE
(MatahariMall.com, OLX.com, dan
Traveloka.com)
Disusun Oleh :
Elysa
Hadi Andiyani (00000004645)
Fedro
A. J. Tuknuru (00000004515)
Regina
Utami P. B (00000004648)
Trikarti
Rahayu (00000004568)
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN – TEACHERS COLLEGE
UNIVERSITAS
PELITA HARAPAN
2015
I
PENDAHULUAN
Internet
yang berkembang secara cepat menyebabkan lahirnya dunia baru yang disebut dunia
maya. Di dunia maya, setiap pribadi memiliki hak yang sama untuk memberikan dan
mendapatkan informasi tanpa batasan dan penghalang. Globalisasi yang sempurna
sebenarnya telah terjadi di dunia maya, karenanya setiap komunitas digital
dapat terhubung satu sama lain.Pada era globalisasi seperti ini, teknologi
informasi mengalami perkembangan yang sangat kompleks dan pesat dalam beberapa
tahun terakhir yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada
dunia bisnis. Perkembangan ini memunculkan istilah-istilah baru yang tidak
asing lagi bagi kita, seperti e-business,
e-commerce, e-learning, e-university, e-book, e-banking, dan istilah
sejenis yang beredar. Dari beberapa konsep bisnis pemanfaatan teknologi yang
berkembang, e-business menjadi
sorotan bisnis yang tergolong masih baru dan akan terus berkembang secara luas
seiring berjalannya waktu. E-commerce
memiliki dampak yang sangat besar dalam dunia bisnis, terutama pada proses
penyempurnaan marketing perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.
E-commerce seperti memiliki daya tarik
yang kuat sehingga banyak pribadi atau organisasi tertarik untuk menjalankan
bisnis ini.
Angka mobilitas manusia yang tinggi
menuntut dunia perdagangan memenuhi kebutuhan akan jasa dan barang secara cepat
sesuai permintaan konsumen. Oleh karena itu,
e-commerce hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. E-commerce menjadi penghubung antara penyedia jasa atau barang
dengan konsumen. Melalui e-commerce,
setiap pribadi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk berhasil dan
bersaing dalam dunia bisnis di dunia maya. Pada kesempatan kali ini penyusun
akan menelaah lebih dalam mengenai e-commerce.
II
E-COMMERCE
A.
Definisi
E-commerce
Baum mengatakan bahwa “ E-commerce is a dynamic set of
technologies, applications, and business process that link enterprise,
consumers, and communities through electronic transactions and the electronic
exchange of goods, services, and information”. E-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan
proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu
melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi
yang dilakukan secara elektronik ( Baum dalam Purbo, 2001). Pendapat serupa
mengenai e-commerce disampaikan oleh
Fuady yang menyampaikan bahwa e-commerce
merupakan suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang
menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat dalam bentuk
transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi
secara elektronik (Fuady, 2005).
Menurut Sukarmi (2008), sebuah transaksi dapat dikatakan
sebagai e-commerce jika memiliki
komponen-komponen sebagai berikut :
a. Ada kontrak dagang.
b. Kontrak tersebut dijalankan pada media elektronik
(digital).
c. Kehadiran fisik dari penyedia barang atau jasa dan
konsumen tidak diperlukan.
d. Kontrak perjanjian jual-beli terjadi di ranah publik.
e. Sistem pengoperasian transaksi terbuka, yaitu menggunakan
internet atau world wide web biasa
disingkat WWW.
f. Kontrak itu terlepas dari batas, yuridiksi nasional.
B.
Jenis-jenis E-commerce
Dalam perjalanannya di dunia bisnis online, e-commerce dibagi menjadi dua jenis,
yaitu :
a) Business to Business (B2B)
B2B adalah bentuk
jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan
dilakukan secara elektronis. Dalam hal ini, baik pembeli maupun penjual
adalah sebuah perusahaan dan bukan perorangan. Biasanya transaksi ini
dilakukan karena mereka telah saling mengetahui satu sama lain dan transaksi
jual beli tersebut dilakukan untuk menjalin kerjasama antara perusahaan itu.
Karakteristik e-commerce jenis
B2B adalah sebagai berikut :
·
Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya
memiliki hubungan (relationship) yang
cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan
sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat
disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
·
Pertukaran
data (data exchange) berlangsung
berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data
yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah
tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entitas yang menggunakan
standar yang sama.
·
Salah
satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus
menunggu parternya.
·
Model
yang umum digunakan adalah peer to peer,
dimana processing intelligence dapat
didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
b) Business to Consumer (B2C)
B2C adalah bentuk
jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang
dilakukan secara elektronis.
Karakteristik e-commerce
jenis B2C adalah sebagai berikut :
·
Terbuka untuk umum,
dimana informasi disebarkan ke umum.
·
Servis yang diberikan
bersifat umum (generic) dengan
mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena
sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis
Web.
·
Servis diberikan
berdasarkan permohonan (on demand).
Konsumen melakukan inisiatif dan penyedia jasa atau barang harus siap
memberikan respon sesuai dengan permohonan.
·
Pendekatan client/server sering digunakan dimana
diambil asumsi client (consumen)
menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (businessprocedure)
diletakkan di sisi server.
c) Consumer to Consumer(C2C)
C2C
adalah jenis e-commerce dimana
pelakunya adalah sama-sama pelanggan atau konsumen. Di sini pelanggan akan
menjual barang atau jasa dari produsen tertentu kepada pelanggan lainnya. Bisa
dikatakan di sini penjual adalah semacam perantara.
C.
Keuntungan dan kerugian E-commerce
Keuntungan e-commerce
:
·
Aliran Pendapatan baru yang mungkin lebih menjanjikan yang
tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·
Dapat meningkatkan pangsa pasar.
·
Menurunkan biaya operasional (operating cost).
·
Melebarkan jangkauan (global
reach).
·
Meningkatkan customer loyality.
·
Meningkatkan supplier manajement.
Kerugian e-commerce
:
·
Kehilangan segi finansial secara langsung karena ada
kecurangan.
·
Pencurian informasi rahasia yang berharga.
·
Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan.
Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti listrik yang tiba-tiba
padam.
·
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
·
Kerugian yang tak terduga.
·
Hacking atau peretasan pada sebuah situs.
III
ANALISIS E-COMMERCE
Untuk
dapat menelaah e-commerce lebih
dalam, penyusunan akan menganalisa beberapa contoh pelaku e-commerce dalam dunia bisnis..
A.
MatahariMall.com
Tentang
MatahariMall.com
MatahariMall.com
merupakan e-commerce bentukan Lippo
Group. Pada tanggal 25 Februari 2015 untuk pertama kalinya Lippo Group
mengumumkan akan meluncurkan situs e-commerce
ini hingga pada akhirnya MatahariMall.com resmi hadir di dunia bisnis yang
berbasis internet pada tanggal 9 September 2015. Sejak kemunculannya di dunia e-commerce, MatahariMall.com
digadang-gadang akan menjadi situs e-commerce
terbesar dan nomor satu di Indonesia. Untuk pertama kalinya di Asia
Tenggara, situs ini menerapkan sistem O2O, yaitu “Online-to-Offline” atau sebaliknya. Sistem
ini memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau
mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh
Indonesia.Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.
MatahariMall.com menyediakan lebih
dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion
wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet,
laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah
tangga. MatahariMall.com
didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup
Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Dilansir dari situs resminya, MatahariMall.com
menuliskan komitmennya sebagai berikut “Kami percaya bahwa customer adalah sahabat kami. Oleh karena itu,
pelayanan customer menjadi prioritas utama.
MatahariMall.com akan melayani customer mulai dari pengalaman seru mengakses
website kami, pembayaran, pengiriman, hingga customer service.”
[Sumber :https://www.mataharimall.com/static/1/about]
Cara Berbelanja di
MatahariMall.com
1.
Login ke
MatahariMall.com. Jika belum, daftarkan diri anda ke https://www.mataharimall.com/use/register
dan lakukan verifikasi.
2.
Pilih produk favorit Anda. Pastikan produk
yang Anda pilih sesuai dengan warna dan ukuran yang diinginkan lalu klik
"Beli Aja"
3. Periksa kembali produk yang Anda pesan. Jika sudahs
esuai, klik "Lanjutkan ke Pembayaran"
4.
PilihMetodePengiriman. Produk dapat dikirim ke alamat Anda atau bisa diambil di
ratusan lokasi di seluruh Indonesia (O2O).Isi Informasi Pengiriman dan Informasi
Tagihan secara lengkap dan klik "Lanjutkan Pembayaran".
5.
Periksa kembali pesanan Anda, pastikan Informasi Pengiriman, Informasi Tagihan,
Jenis dan jumlah Produk, Total Belanja sudah sesuai. Masukan Kode Kupon/Voucher
jika ada dan klik "Bayar Sekarang".
6. Pilih Opsi Pembayaran (Kartu Kredit
atau Transfer Bank) dan isi data secara lengkap. Klik "Bayar
Sekarang" untuk melanjutkan proses.
7. Apabila pembayaran melalui
Transfer Bank, klik "Konfirmasi Bank" setelah Anda melakukan
transfer.
KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN MatahariMall.com
Kelebihan
:
§ MatahariMall.com
menyediakan situs yang terinci sehingga memudahkan konsumen ketika mengakses laman
tersebut. Situs ini mencantumkan layanan pelanggan, seperti cara berbelanja, info pembayaran, info pengiriman, info
pengembalian, dan panduan ukuran.
§ MatahariMall.com
menyediakan akun media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sehingga
pelanggan dapat lebih mudah mengikuti info terbaru dari MatahariMall.com itu sendiri.
§ Mengadopsi
layanan O2O. Dengan menyediakan layanan O2O pelanggan tidak perlu khawatir akan
terkena penipuan karena pelanggan dapat mengambil barang yang dibeli secara langsung
maupun barang dapat diantar ke alamat pelanggan oleh kurir yang disediakan oleh
MatahariMall.com
§ MatahariMall.com
yang tergolong pendatang baru di dunia e-commerce,
ia berani menawarkan banyak promosi seperti diskon hingga 99% yang sangat menguntungkan
pelanggan.
§ Proses
yang dilakukan oleh MatahariMall.com setelah pelanggan menyatakan setuju untuk membeli
relative cepat, yaitu 3-4 hari kerja untuk wilayah JABODETABEK dan 4-7 hari kerja
di luar area JABODETABEK.
§ Menyediakan
layanan customer dan kurir yang
ramah.
Kekurangan
:
§ Dengan
keberaniannya memberikan diskon hingga 99% membuat beberapa pelanggan menjadi kurang
percaya akan promosi tersebut.
§ Walaupun
tergolong baru, MatahariMall.com sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika pesanan
membludag, MatahariMall.com sering kali kewalahan sehingga mengakibatkan keterlambatan
pemrosesan barang pesanan.
B.
OLX.co.id
OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui
internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di
106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia,
Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South
Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, Pakistan, Kazakhstan dan
lainnya. OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet
Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media
dan perusahaan digital Naspers.
Naspers adalah grup media besar asal Afrika
Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga
akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Menurut pernyataan
dari Naspers ketika berinvestasi di OLX, sebagai grup, Naspers akan
mengakuisisi atau mendirikan sebuah komunitas internet di negara secara
spesifik, sebelum mengembangkan operasinya dengan masuk ke layanan-layanan
seperti e-commerce, komunikasi dan
konten.
TENTANG OLX.CO.ID
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com
merupakan situs online classified
terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi
para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari
beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang
yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga,
hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan
layanan lainnya.
Sejak berdiri pada tahun 2005, OLX telah
meraih berbagai penghargaan, antara lain “Gold
Brand Champion 2013 of Most Widely
Used Brand” dari majalah MarkPlus
Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online
shopping Top Brand Award 2012” dari
Frontier Consulting Group dan majalah Marketing,
Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori
Communication, dalam “Digital Marketing
Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne
Sejarah Singkat Tokobagus dan Alasan Mengganti Nama Menjadi OLX
Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni
2005 oleh dua orang pemuda Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco
Lupker.Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide
setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce
di Amerikayaitu amazon.Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari
banyak kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide
untuk membuat situs Tokobagus.Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya pindah ke
Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.Tokobagus.com didirikan di Bali pada
tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold
pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah
seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya
Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu
ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce.
Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan
konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold
mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya,
di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.
Tepatnya Selasa (20/5/2014), branding
Tokobagus yang sudah begitu melekat akhirnya harus diganti dengan nama yang
kurang “indonesia” yaitu OLX.Jadi ketika kita mengetik URL Tokobagus yang lama,
muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa nama Tokobagus.comberubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat olx.co.id.“Perubahan ini hanya Nama, Logo dan Url. Sedangkan
semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat
Indonesia masih tetap sama dan tidak berubah,” ujar Kepala Operasional OLX.co.id, Alif Priyono, dalam keterangan resminya. Aktivitas
jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa.Misi
perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara
tepat, jual cepat”.
Kesimpulannya adalah alasan penggantian
nama Tokobagus semata-mata untuk memperkuat branding OLX secara global.Ini juga
memperjelas bahwa grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan
baris yang dimilikinya di berbagai negara.Contohnya “Sulit”, situs iklan baris
di Filipina milik grup Naspers, yang lebih dahulu mengumumkan perubahan
identitasnya menjadi OLX pada maret lalu.
Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id
Kelebihan:
Kelebihan:
·
Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa,
baik baru maupun bekas
·
Tidak diharuskan untuk registrasi bila ingin
memasang iklan.
·
Detail mengenai spesifikasi produk lengkap seperti
merk, tipe, tahun maksimumdan minimum.
·
Menyediakan informasi mengenai lowongan kerja.
Kekurangan
:
·
Kemungkinan terjadinya berbagai macam
penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka
untuk umum.
TIPS TRANSAKSI DI OLX INDONESIA
Terdapat lima tips transaksi yang aman di OLX Indonesia:
·
Gunakan Akal Sehat Anda
Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan
tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal
tersebut memang tidak baik. Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan,
maka lebih baik batalkan saja.
·
Memilih Penjual Terpercaya
Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified number) yang telah
memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar dari penjual atau
pemasang iklan yang tidak jelas.
·
Lakukan Riset Sederhana
Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan
lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana
terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana
deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia
perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu
dapat dikatakan sebagai petanda yang baik. Selain itu, galilah informasi yang
ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin.
Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera digital, dll dengan
harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut dicurigai. Jika lokasi
atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu secara langsung dan usahakan
membawa teman.
·
Cara Pembayaran
Berhati-hatilah
pada nomor teleepon yang tidak jelas, terutama yang berkode area luar negri dan
meminta cara pembayaran dengan Western Union, Moneygram, dan cek.
·
Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Jika masih merasa
ragu dan kurang yakin, hubungi dan tanyakan pada tim support OLX .
[Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/11/14/180026/2748865/319/cerita-olx-mengubur-tokobagus-dan-berniaga]
C. TRAVELOKA
Traveloka
adalah sebuah online travel agent yang website-nya beralamat di www.traveloka.com.
Situs ini juga menjadi website pencarian dan pembelian tiket pesawat secara
online yang paling besar di Indonesia.
SEJARAH
TRAVELOKA
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry
Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi
sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai
situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi
situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan
di situs Traveloka.com.
Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa
Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Bulan Juli 2014,
jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
KEUNTUNGAN
MENGGUNAKAN TRAVELOKA
1)
Melalui kecanggihan dunia internet saat ini, Anda dapat
dengan mudah mendapatkan semua info yang ingin anda ketahui hanya dalam
beberapa menit saja, hal ini termasuk dalam hal pemesanan tiket pesawat sesuai
dengan maskapai yang anda inginkan. Namun dengan menggunakan layanan dari situs
Traveloka ini, Anda akan mendapatkan bermacam-macam kemudahan seperti booking tiket yang mudah, cepat, tanpa harus datang kebandara hanya untuk memesan tiket dan banyaknya informasi yang bisa anda
dapatkan mengenai fasilitas penerbangan anda, seperti infomasi bagasi yang akurat.
2) Situs Traveloka juga terkenal sebagai situs
pemesanan tiket yang paling murah dibandingkan dengan situs lainnya. Harganya
yang sangat murah, bahkan lebih murah dari yang tercantum di website resmi maskapai
resmi. Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa
bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan.
Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga
dapat menekan harga tiket pesawat.
3) Metode
pembayaran juga dapat dilakukan dengan transfer, sehingga memudahkan konsumen
untuk memesan dan melunasi pembayaran. Berikut merupakan metode yang dapat digunakan untuk melakukan
pembayaran di Traveloka:
a. Transfer bank
b. Kartu kredit
c.
Mandiri clickpay
d. BCA klikpay
e.
ATM
f.
CIMB clicks
g.
Mandiri ecash
h. Mandiri debit
i.
BNI debit
KEKURANGAN
TRAVELOKA
Seperti yang
telah dikatakan diatas, bahwa Traveloka merupakan situs pembelian tiket pesawat
dengan harga termurah maka banyak asumsi dikalangan masyarakat yang menyebut
jasa tersebut sebagai penipuan.
TIPS BELI TIKET
DI TRAVELOKA
- Daftarkan
email kamu di newsletter Traveloka, dengan begitu kita bakal
dikirimi informasi promo tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan.
Biasanya pihak Traveloka akan mengirimkan email seminggu sekali di hari
Kamis. Pendaftaran email ini gratis!
- Tiket
pesawat dengan harga promo jumlahnya terbatas dan akan terjual dengan
cepat. Jadi, jika tidak menemukan harga promo, artinya kursi promo sudah
habis dan yang tertera adalah harga normal.
IV
KESIMPULAN DAN
PERSPEKTIF KRISTEN
Kemajuan
zaman ditunjukkan melalui kemajuan pada bidang teknologi. Kemjuan teknologi ini
merambah kepada dunia perekonomian yang menyebabkan perusahaan dan orang-orang
tertentu membuat suatu layanan untuk pelanggan-pelanggan tercintanya yaitu e-commerce. Dengan melihat contoh-contoh
dari pelaku e-commerce pelanggan
secara nyata dimanjakan oleh penjual sehingga transaksi barang menjadi lebih
mudah dan lebih cepat. Bahkan pelanggan hanya perlu mengakses dalam hitungan
detik untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan mendapatkan diskon plus dari
perusahaan pelaku e-commerce ini
tanpa perlu datang ke tempat berjualan. Dari penjualan online ini juga penjual memperoleh banyak pelanggan dari
seluruh Indonesia bahkan bila pelayanan yang mereka berikan memuaskan
pelanggan, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan
tersebut.
Melalui
adanya teknologi manusia dengan mudah memenuhi kebutuhannya. Namun bukan
berarti manusia dapat menggunakan segala kemudahan tersebut dengan tidak
bertanggung jawab. Alkitab mengatakan “Baiklah orang bijak mendengar dan
menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan
pertimbangan (Amsal 1:5) Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi
orang bodoh menghina hikmat dan didikan (Amsal 1:7). Begitu juga dengan
menggunakan teknologi yang ada, Tuhan ingin agar kita mampu menggunakannya
dengan tepat dan bijaksana sehingga melalui teknologi online yang diciptakan
manusia dapat menjadi berkat pula untuk sesame kita. Ketika MatahariMall.com,
OLX.com, dan Traveloka.com dibuat oleh penciptanya, maka mereka berharap agar
situs-situs tersebut dapat berdampak dan memberkati banyak orang. Sehingga
tugas kita semua sebagai pengguna adalah memanfaatkannya dengan sebaik mungkin
agar menjadi berkat bagi kita semua dan tidak menyalahgunakannya.
I.
DAFTAR
PUSTAKA
Baum,
D. dalam Purbo, O. W. (2001). Mengenal e-commerce.
Jakarta: PT. Elex Komputindo
Fuady,
M. (2005). Pengantar hukum bisnis.
Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Sukarmi,
(2008). Cyber law: kontrak elektronik
dalam bayang-bayang pelaku usaha (cyberlaw indonesia). Bandung : TBO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar