Kali ini kita akan membahas tentang sistem informasi pemasaran.
Sistem informasi pemasaran (Marketing Information System – MKIS) ini berhubungan dengan aktifitas pemasaran
perusahaan dan terdiri atas kombinasi subsistem input dan output yang terhubung
dalam sebuah basis data.
Subsistem input
Ø Sistem pemrosesan
transaksi, semua data yang bersifat transaksional, seperti produk apa yang
paling laku terjual tahun lalu, berapa pengeluaran yang dikeluarkan untuk
menghasilkan suatu produk.
Ø Subsistem riset
pemasaran, semua data yang berasal dari suatu riset.
Ø Subsistem intelegasi
pemasaran
Basis data
Data yang
digunakan oleh subsistem output berasal
dari basis data kemudian data dipopulasi dengan data yang berasal dari 3
subsitem input
Subsistem output
ü Subsistem produk, menghasilkan suatu informasi tentang suatu
produk, contohnya produk apa yang seharusnya dibuat demi memenuhi kebutuhan
pelanggan.
ü Subsistem lokasi ,
menghasilkan suatu informasi jaringan distribusi perusahaan.
ü Subsistem promosi ,
menghasilkan strategi promosi apa yang perlu dilakukan untuk memperkenalkan
produk baru ataupun memasarkan produk yang sudah ada.
ü Subsistem harga,
menghasilkan suatu ketetapan harga untuk suatu produk berdasarkan data-data
yang terdapat dalam subsistem input untuk sebuah produk.
ü Subsistem bauran
terintegrasi adalah cara dari manajer
sebagai hasil kombinasi dari bauran pemasaran.
Sistem informasi SDM (Human Resources Information System – HRIS)
Memberikan Informasi
kepada seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia
perusahaan.
Sistem Informasi
Sumber Daya Manusia
• Subsistem input
Ø Sistem pemrosesan
transaksi adalah data dari laporan akuntasi mengenai
gaji tahun lalu, upah pekerja per jam, dan data-data lainnya mengenai sumber
daya manusia baik yang berkaitan dengan keuangan maupun non-keuangan.
Ø Subsistem riset
sumber daya manusia , data berasal dari beberapa hasil riset mengenai sumber
daya manusia contohnya analisis jabatan atau penelitian keluhan.
Ø Subsistem intelegasi
sumber daya Manusia, data didapatkan dari lingkungan perusahaan yaitu pesaing
dan lain-lain.
Basis data
Data yang
digunakan oleh subsistem output berasal
dari basis data kemudian data dipopulasi dengan data yang berasal dari 3
subsitem input
Subsistem output
ü Subsistem perencanaan
tenaga kerja, menghasilkan output mengenai jabatan-jabatan apa saja yang kosong
atau sudah terisi, dan membantu SDM untuk merencanakan karirnya ke depan.
ü Subsistem rekrutmen, menghasilkan
informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan apa saja yang akan dibuka oleh
perusahaan, bagaimana cara rekruitmennya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan
untuk melaksanakan proses rekruitmen.
ü Subsistem manajemen tenaga kerja, menghasilkan
informasi-informasi mengenai SDM yang bekerja dalam perusahaan, contohnya gaji,
keterlambatan karyawan, dan lain-lain.
ü Subsistem kompensasi,
menghasilkan informasi mengenai kompensasi untuk karyawan.
ü Subsistem tunjangan ,
menghasilkan informasi mengenai tunjangan-tunjangan yang akan didapatkan oleh
karyawan.
ü Pelaporan lingkungan,
menghasilkan informasi-informasi dari lingkungan SDM, misalnya penilaian dari
atasan atau karyawan lain.
disusun oleh : Elysa || Fedro || Hayu || Tami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar