Senin, 07 Desember 2015

Sistem Informasi Pemasaran & HRIS


Kali ini kita akan membahas tentang sistem informasi pemasaran.
Sistem informasi pemasaran (Marketing Information System – MKIS) ini berhubungan dengan aktifitas pemasaran perusahaan dan terdiri atas kombinasi subsistem input dan output yang terhubung dalam sebuah basis data.
Subsistem input
Ø  Sistem pemrosesan transaksi, semua data yang bersifat transaksional, seperti produk apa yang paling laku terjual tahun lalu, berapa pengeluaran yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu produk.        
Ø  Subsistem riset pemasaran, semua data yang berasal dari suatu riset.      
Ø  Subsistem intelegasi pemasaran        
Basis data
Data yang digunakan  oleh subsistem output berasal dari basis data kemudian data dipopulasi dengan data yang berasal dari 3 subsitem input
Subsistem output
ü  Subsistem produk,  menghasilkan suatu informasi tentang suatu produk, contohnya produk apa yang seharusnya dibuat demi memenuhi kebutuhan pelanggan.
ü  Subsistem lokasi , menghasilkan suatu informasi jaringan distribusi perusahaan.
ü  Subsistem promosi , menghasilkan strategi promosi apa yang perlu dilakukan untuk memperkenalkan produk baru ataupun memasarkan produk yang sudah ada.
ü  Subsistem harga, menghasilkan suatu ketetapan harga untuk suatu produk berdasarkan data-data yang terdapat dalam subsistem input untuk sebuah produk.
ü  Subsistem bauran terintegrasi  adalah cara dari manajer sebagai hasil kombinasi dari bauran pemasaran.

Sistem informasi SDM (Human Resources Information System – HRIS)
Memberikan Informasi kepada seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia perusahaan.
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
       Subsistem input
Ø  Sistem pemrosesan transaksi  adalah data dari laporan akuntasi mengenai gaji tahun lalu, upah pekerja per jam, dan data-data lainnya mengenai sumber daya manusia baik yang berkaitan dengan keuangan maupun non-keuangan.       
Ø  Subsistem riset sumber daya manusia , data berasal dari beberapa hasil riset mengenai sumber daya manusia contohnya analisis jabatan atau penelitian keluhan.   
Ø  Subsistem intelegasi sumber daya Manusia, data didapatkan dari lingkungan perusahaan yaitu pesaing dan lain-lain.      
       
Basis data
Data yang digunakan  oleh subsistem output berasal dari basis data kemudian data dipopulasi dengan data yang berasal dari 3 subsitem input
Subsistem output
ü  Subsistem perencanaan tenaga kerja, menghasilkan output mengenai jabatan-jabatan apa saja yang kosong atau sudah terisi, dan membantu SDM untuk merencanakan karirnya ke depan.
ü  Subsistem rekrutmen, menghasilkan informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan apa saja yang akan dibuka oleh perusahaan, bagaimana cara rekruitmennya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses rekruitmen.
ü  Subsistem manajemen tenaga kerja, menghasilkan informasi-informasi mengenai SDM yang bekerja dalam perusahaan, contohnya gaji, keterlambatan karyawan, dan lain-lain.
ü  Subsistem kompensasi, menghasilkan informasi mengenai kompensasi untuk karyawan.
ü  Subsistem tunjangan , menghasilkan informasi mengenai tunjangan-tunjangan yang akan didapatkan oleh karyawan.
ü  Pelaporan lingkungan, menghasilkan informasi-informasi dari lingkungan SDM, misalnya penilaian dari atasan atau karyawan lain.



disusun oleh : Elysa || Fedro || Hayu || Tami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar